• Foodspotting-Spot on Foodies




    Lezatnya Ketoprak di Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup



    Ketoprak merupakan makanan khas di Jakarta. Tidak sulit menemukan ketoprak di ibukota Indonesia itu, mulai dari pedagang dengan gerobak keliling, depot, hingga rumah makan. Tapi itu di Jakarta yah... Beda cerita dengan di Surabaya... Di Kota Pahlawan, ketoprak bukanlah makanan yang populer. Saya yang cukup ngefans dengan ketoprak lumayan sulit menemukan penjual ketoprak di Surabaya... Sulit bukan berarti nggak ada. Salah satu penjual ketoprak yang masih eksis di Surabaya adalah Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup yang berlokasi di Jalan Raya Nginden No. 106, Surabaya... 

    Karena ketoprak kurang populer di kalangan masyarakat Surabaya, jadi jangan heran juga kalau depot yang satu ini agak sepi... Tentu saja menu spesial yang ditawarkan ya ketoprak... Nggak perlu mikir lama, saya pesan satu porsi ketoprak pedas dan dua teh botol. Satu porsi ketoprak di Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup memang cukup banyak, satu piring besar itu penuh!! Dijamin kenyang banget deh kalau makan ketoprak di sini... 






    Ada apa saja dalam sajian ketoprak? Seperti ketoprak pada umumnya, ketoprak di Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup berisi ketupat atau lontong, tahu goreng, tauge, mie bihun, irisan telur rebus, irisan timun, dan kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang pekat lengkap dengan taburan bawang merah goreng dan setumpuk kerupuk... Lengkap banget plus bisa jadi menu makan yang sehat kan?

    Salah satu kekuatan utama ketoprak sebenarnya terletak pada bumbu kacangnya. Tentu bumbu kacang pada ketoprak berbeda dengan bumbu kacang pada pecel... Pada penjual ketoprak tradisional, bumbu kacang ini langsung diuleg di piring. Namun untuk ketoprak Mang Ucup kayaknya bumbu kacang sudah digiling menggunakan alat khusus deh... Itu terlihat dari penyajian di piring yang masih rapi banget dan saya melihat ada gumpalan bumbu yang belum tercampur secara merata (lihat di sebelah kiri irisan telur), sedangkan kalau diuleg langsung di piring biasanya bumbu agak belepotan ke mana-mana... 




    Terus gimana dengan rasanya? Walaupun disajikan menggunakan metode yang lebih modern, tapi rasa ketoprak di Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup tetap TOP!!! Bumbu kacangnya pekat, lembut, dan rasanya juga pas... Ada asin, manis, pedes, gurih, semuanya menyatu... Dan yang cukup menyenangkan adalah bumbu kacangnya ini banyak banget, bisa menggugah selera makan... Saya udah lama banget nggak makan ketoprak versi Betawi asli di Jakarta sana. Tapi sepertinya rasa ketoprak versi Mang Ucup nggak meleset dari versi asli. Kalaupun meleset, itu hanya menyimpang tipis saja. 

    Tertarik mencoba? Depot Ketoprak Jakarta Mang Ucup buka dari pagi sampai malam. Tapi paling pas ketoprak ini dinikmati di siang hari, pas jam makan siang. Soal harga sih nggak perlu khawatir karena ketoprak di Depot Ketoprak Mang Ucup dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, hanya Rp 18.000 per porsi... Friendly di kantong kan? 

    Harga:
    Ketoprak Jakarta - 18K
    Teh Botol - 5K

    Rating: 8/10

    1 komentar:

     

    Tulisan Terbaru