• Foodspotting-Spot on Foodies




    Soto Ayam Rumah Makan Kota Buana Pekanbaru


    Soto Ayam Rumah Makan Kota Buana Pekanbaru

    Yang namanya rumah makan Padang ada dimana-mana, bahkan di berbagai penjuru negeri. Nah apalagi di Pekanbaru, kota yang notabene bertetangga dengan Padang (Sumatera Barat). Di Pekanbaru juga sangat menjamur rumah makan Padang di berbagai penjuru kota. Saya menemukan salah satu rumah makan Padang yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 16 Pekanbaru. Namanya Rumah Makan Kota Buana.

    Seperti kebanyakan rumah makan Padang yang ada di sini, seluruh menu makanan akan dihidangkan di meja saat ada tamu yang akan makan. Tapi, untuk kali ini saya menahan diri dulu untuk tidak makan masakan-masakan khas Minang ini dulu karena nantinya saya juga akan ke Sumatera Barat. Untuk mengisi perut, saya lebih memilih menu lain yaitu soto ayam. Mungkin lebih tepatnya soto ayam khas Minang kali yah.

    Nah soto ayam di Rumah Makan Kota Buana ini disajikan dengan mangkuk berukuran kecil, tapi dengan isi yang sangat lengkap. Satu mangkuk soto berisi dengan bihun, perkedel, suwiran ayam goreng, dan kacang tanah. Bihun dalam soto ayam di sini bukan hanya pelengkap yang sedikit, melainkan cukup banyak. Untuk melengkapi soto ayam, dihidangkan pula kerupuk dan sambal. Sambal di sini juga sangat berbeda dengan sambal soto yang banyak ditemui di Jawa.

    Ada satu hal unik yang saya temukan pada soto ayam di Rumah Makan Kota Buana, yaitu soto dilengkapi juga dengan gajih daging sapi meskipun ini merupakan soto ayam. Kuah sotonya sendiri agak gelap dengan rasa gurih, khas Minang sekali karena terasa rempah-rempahnya. Makan soto seperti ini sebenarnya lebih pas jika dinikmati saat sarapan. Walaupun begitu, untuk makan siang juga masih cukup oke kok. Jika satu mangkuk soto ayam dengan bihun yang banyak itu dianggap kurang, bisa kok menikmati soto ini dengan nasi putih.

    Harga:
    Soto Ayam dan Nasi Putih - 19K

    Rating:
    Soto Ayam - 7/10


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Tulisan Terbaru