• Foodspotting-Spot on Foodies




    Lezatnya Lotek Colombo di Glagahsari Jogja


    lotek colombo

    Aneka makanan dengan bahan dasar sayur-sayuran seperti lotek, pecel, dan gado-gado memang menjadi salah satu favorit saya. Di Jogja ada warung makan yang menyediakan aneka makanan jenis ini yaitu "Lotek dan Gado-Gado Colombo" yang terletak di Jalan Glagahsari, tepat di depan makam pahlawan.

    Tempatnya memang hanya warung sederhana dan tidak ada perubahan yang berarti sejak pertama kali saya tinggal di Jogja pada tahun 2004 hingga sekarang. Seperti namanya, warung ini menyediakan menu spesial yaitu lotek dan gado-gado. Meskipun begitu, terdapat menu lain seperti pecel, karedok, ketoprak, sop ayam, dan lain-lain.

    Untuk makan warung ini terkadang harus antri karena berbagai makanan tadi harus diolah terlebih dahulu. Misalnya saja saya pesan seporsi lotek. Mbak-mbak penjual harus mengulek terlebih dahulu berbagai bahan bumbu lotek untuk masing-masing pemesan. Namun tidak usah khawatir menunggu lama karena "koki" yang bertugas biasanya nggak cuma satu.

    Tidak terlalu lama menunggu, lotek dengan porsi yang lumayan besar sudah terhidang di meja. Secara default, baik lotek, gado-gado, maupun pecel disini menggunakan ketupat. Jadi kalau tidak mau pakai lontong dan ingin makan dengan nasi harus "request" yah.

    Satu porsi lotek berisi irisan ketupat, sayuran rebus, irisan kubis mentah, kecambah, irisan bakwan atau kalau orang Jawa Timur menyebutnya dengan ote-ote, kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang sudah diulek halus dan dihidangkan dengan kerupuk.

    Saya memang sudah lama nggak menikmati lotek di warung ini karena memang sudah tidak tinggal di Jogja. Meskipun juru masak juga sudah berganti-ganti, namun cita rasa lotek disini tidak berubah sama sekali. Rasanya tetap sama seperti dulu, enaaakk! Bumbunya begitu terasa sedapnya. Apalagi harganya juga masih sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa. Nggak heran sih kalau tempat ini cukup ramai oleh mahasiswa terutama saat jam makan siang. Lha wong enak dan murah kok!

    Harga:
    Lotek - 6K
    Es Jeruk - 1.5K

    Rating: 7/10




    0 komentar:

    Poskan Komentar

     

    Tulisan Terbaru