• Foodspotting-Spot on Foodies




    Bakso Bom Mas Aris yang Semakin Mengecil


    Bakso Bom Mas Aris

    Siapa sih yang nggak kenal bakso? Makanan ini adalah yang paling lumrah dan paling mudah ditemui di berbagai sudut kota di Indonesia. Di Jogja ada juga warung bakso yang menurut saya cukup enak. Namanya Bakso Bom Mas Aris. Lokasinya ada di Jalan Balai Rejo, dekat dengan persimpangan antara Jalan Timoho dengan jalan ke arah Kampus Janabadra. Dulu saya pertama kali kenal dengan Bakso Bom Mas Aris di Pamella Swalayan yang ada di Jalan Kusumanegara. Tapi nggak tahu juga sekarang masih ada atau nggak.

    Namanya warung bakso, yang dijual ya hanya bakso saja. Itupun ada dua jenis yaitu bakso super dan bakso bom. Pilih yang mana? Tentu saja bakso bom dong. Nah, satu porsi bakso bom berisi satu bakso ukuran besar yang sudah dibelah dan dua bakso ukuran kecil. Selain itu, dilengkapi juga dengan mie bihun, mie kuning, sawi hijau, dan gajih atau secam lemak sapi. Bagi yang nggak suka lemak sapi seperti ini bisa request untuk ditiadakan.

    Cita rasa Bakso Bom Mas Aris dari dulu sejak tahun 2004 saya datang ke Jogja tidak pernah berubah. Daging pada baksonya begitu terasa, kuahnya juga sedap. Saya selalu makan bakso tanpa sauce dan kecap, jadi akan sangat terasa mana kuah bakso yang enak dan mana yang nggak. Cara makan polosan seperti ini yang cukup akurat dalam menilai rasa kuah bakso. Dan menurut saya, kuah bakso disini masih OK.

    Namun ada satu hal yang agak mengganjal. Bakso Bom Mas Aris yang sekarang ini sudah jauh dari kata "bom". Seingat saya sih dulu ukuran bakso bom-nya lumayan besar. Bakso bom yang sudah dibelah-belah itu nyaris memenuhi mangkok. Tapi bakso bom sekarang sudah mengkeret alias mengecil dengan harga yang terus merangkak naik. Bahkan mungkin bagi sebagian orang, Bakso Bom Mas Aris dirasa "overprice" untuk ukuran harga bakso di Jogja yang umumnya berkisar di angka Rp 5.000-7.000.

    Ya mungkin ini salah satu efek naiknya harga daging, mesti ada yang dikorbankan. Untuk bertahan, bisa dilakukan dengan tiga cara: mengurangi campuran daging dengan imbas mengurangi kualitas bakso, menaikkan harga bakso, atau mengurangi ukuran bakso. Sepertinya Mas Aris melakukan opsi yang ketiga, mengurangi ukuran/porsi namun dengan tidak mengurangi kualitas dan tidak menaikkan harga. Sejauh ini, Bakso Bom Mas Aris masih layak untuk dinikmati.

    Harga:
    Bakso Bom - 11K
    Bakso Super - 7K
    Es Jeruk - 2K
    Es Teh - 2K

    Rating: 7.5/10


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Tulisan Terbaru