• Foodspotting-Spot on Foodies




    Lontong Balap Kepanjen


    lontong balap kepanjen

    Seperti diketahui bersama, lontong balap merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Di Kota Pahlawan masih banyak pedagang-pedagang yang menjajakan lontong balap. Umumnya, lontong balap dijual oleh para pedagang keliling maupun pedagang kaki lima.

    Salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati lontong balap adalah di Jalan Kepanjen Surabaya tepat di depan Gereja Kepanjen. Di depan Gereja Kepanjen ini cukup banyak lapak-lapak pedagang kaki lima. Namun, kalau saya tidak salah yang menjual lontong balap hanya ada satu yaitu di stand nomor 27 tepat di depan gereja.

    Pada dasarnya, lontong balap merupakan makanan yang berbahan dasar lontong dan kecambah (tauge). Irisan lontong akan dicampur dengan kecambah yang jumlahnya cukup banyak, ditambah dengan irisan tahu goreng dan sedikit mie kuning yang kemudian disiram dengan kuah dengan rasa gurih.

    Hal yang paling khas dengan lontong balap adalah adanya lentho dalam penyajiannya. Lentho itu seperti perkedel tapi terbuat dari parutan singkong dan kacang tolo. Rasa lentho sendiri ada rasa-rasa kunyit atau kencurnya gitu sih kalau nggak salah.

    Lontong balap katanya sih paling pas kalau dimakan bersama dengan sate kerang dan minumnya es kelapa muda. Tapi untuk hal ini saya punya pandangan sendiri. Secara pribadi saya kurang suka dengan yang namanya kerang, jadi saya nggak menikmati lontong balap dengan sate kerang. Untuk minumnya, saya memilih es tape ketan hitam. Lontong balap yang gurih dinikmati dengan es tape yang manis tentu saja JOSS!! Kalau suka pedes bisa minta tambah sambel petis biar tambah kemringet.

    lontong balap kepanjen

    Harga:
    Lontong Balap - 7K atau 8K *lupa*
    Es Tape Ketan Hitam - 5K

    Rating: 8/10

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Tulisan Terbaru